Wali kota jenguk bayi penderita gangguan saluran empedu
Wali Kota Medan Bobby Nasution berserta istri Kahiyang Ayu menjenguk bayi

Wali kota jenguk bayi penderita gangguan saluran empedu

Medan - Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Bobby Nasution bersama istrinya Kahiyang Ayu menjenguk bayi tujuh bulan menderita astresia bilier atau gangguan saluran empedu yang kini dirawat di RSUP H Adam Malik.

"Kita malam tadi (Kamis, 7/10), melihat kondisi bayi perempuan Aiyla Adisty Hidayah mengalami astresia bilier sejak lahir," ujar Bobby di Medan, Jumat.

Wali kota mengatakan, anak bungsu dari pasangan Rahmat Hidayat (31) dan Olivia Saridah (27), yang tinggal di Jalan Medan Area Selatan, Gang Mulia merupakan warganya.

Ia mengaku, kondisi perut bayi itu terlihat membesar akibat cairan empedu menumpuk di dalam hatinya karena tertutupnya saluran empedu.

Ketika menjenguk Aiyla, Wali kota dan istri sempat mendengarkan dengan seksama keterangan dari ibu bayi yang melahirkan Olivia Saridah.

Mendapat penjelasan yang mengharukan dengan melihat langsung kondisi bayi, Kahiyang Ayu sampai menitikkan air matanya.

Wali kota juga menegaskan biaya perawatan selama Aiyla Adisty Hidayah dirawat di rumah sakit merupakan tanggungan Pemkot Medan.

"Saat ini yang terus kita lakukan mendoakan agar Aiyla diberi kesehatan, dan keluarganya diberikan kekuatan. Pembiayaan kita register ke Kota Medan," ucap Bobby.

Olivia Saridah mengatakan, Aiyla mengalami kelainan sejak lahir akibat tidak adanya saluran empedu dari tim medis RSUD Pirngadi awalnya putrinya dirawat.

Ketika usia bayinya empat bulan, terangnya, mulai terlihat bagian perut Aiyla terus membesar diawali dengan mata yang menguning.

"Harusnya dioperasi pada usia dua bulan, saat ini usia Aiyla sudah tujuh bulan. Katanya sudah telat," beber Olivia sambil menyeka matanya.(ant)

Penulis: Muhammad Said

Editor: Novendra Effendi