Semangat Hari Pahlawan Menambah Energi Terus Bersatu
Illustrasi

Semangat Hari Pahlawan Menambah Energi Terus Bersatu

Muarasabak – Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 menjadi momentum dapat terus memberikan energi guna menambah kesadaran akan terus bersatu membantu membantu sesama. Dengan tema Pahlawanku Tauladanku, upacara peringatan hari pahlawan ke 77 yang digelar di halaman Kantor Bupati Tanjung Jabung Timur, Kamis (10/11) berlangsung tertib dengan dihadiri oleh oleh berbagai unsur diantaranya TNI, POLRI, ASN, Organisasi Kepemudaan, Organisasi Masyarakat dan lainya.

Bertindak sebagai inspetur upacara Kapolres Tanjung Jabung Timur AKBP Andi Muhammad Ichsan Usman, SH, SIK yang membacakan amanat Menteri Sosial RI menitik beratkan pada memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dengan saling menghargai satu sama lainya.

‘’Dengan mengisi kemerdekaan dengan terus memperkokoh persatuan dan kesatuan serta saling menghargai antar sesame, mari kita isi kemerdekaan ini dimuali dari diri kita, keluarga, dan lingkungan yanga da disekitar kita,’’ katanya.

Hari ini pun kita berada dalam perjuangan besar menaklukkan Ancaman dan Tantangan yang nyata- nyata berada di hadapan kita. Pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih, kiranya perlu kita persiapkan dengan sungguh-sungguh.

Kesiapsiagaan kita menghadapi bencana alam termasuk pandemi Covid–19 serta kelangkaan Sumber Daya, harus senantiasa diperjuangkan secara bersama dengan kesungguhan. Kita mempunyai semua modal dasar untuk menjadi Bangsa Pemenang.

Untuk itu, kita harus meneruskan Pengembangan dan Pemanfaatan Energi Baru dan Terbaharukan. Melakukan Pengembangan Sumber Pangan berbasiskan potensi dan kearifan lokal, sebagai solusi pemenuhan kebutuhan pangan dan memperkuat keragaman pangan.

Mengelola Sumber Daya Air secara bijak untuk menjamin Keamanan dan Ketahanan Sumber Daya Air yang diharapkan dapat menopang keberlangsungan Hidup dan Kehidupan Generasi kini dan Generasi mendatang dengan lebih baik lagi.

Tidak mudah memang tapi pasti bisa. Karena para Pahlawan kita telah memberikan Teladannya. Mereka pada masanya mengajarkan pada kita beragam nilai untuk kita tiru. Kita warisi dan kita ikuti, sehingga jejak kemenangan niscaya akan berada dalam genggaman.

Marilah kita bergerak bersama dan maju bersama dengan tekad untuk menang. Sekali Merdeka, Tetap Merdeka

Pada upacara tersebut juga dibacakan pesan-pesan dari para Pahlawan dan penyerahan tali asih kepada para veteran yang diserahkan secara simbolis oleh Kapolres didampingi oleh Ketua DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Timur, TNI, dan unsur Forkompimda lainnya.

Acara juga dilanjutkan dengan upacara larung bunga yang bertempat di Pelabuhan Muara Sabak.

 

Penulis: Novendra Effendi