Puluhan pejabat Pemkab Teluk Wondama ikut uji kompetensi
Para pejabat di lingkup Pemkab Teluk Wondama mengikuti iju kompetensi

Puluhan pejabat Pemkab Teluk Wondama ikut uji kompetensi

Wasior - Puluhan pejabat pimpinan tinggi pratama di lingkup Pemkab Teluk Wondama, Papua Barat selama dua hari sejak Senin (23/5) mengikuti uji kompetensi atau uji kesesuaian jabatan.

Wakil Bupati Teluk Wondama Andarias Kayukatuy di Wasior, Selasa, menyebut uji kompetensi bagi pejabat eselon II itu bertujuan untuk mengukur tingkat kualifikasi, kompetensi dan kinerja yang telah dilakukan selama menduduki jabatan yang diemban saat ini.

"Juga untuk mengukur sejauh mana kesesuaian kinerja dengan target-target pemerintahan sesuai dengan visi dan misi kepala daerah serta rencana pembangunan daerah di Kabupaten Teluk Wondama. Uji kompetensi itu menjadi bahan pertimbangan bagi bupati dan wakil bupati dalam pengisian jabatan tinggi pratama," kata Andarias.

Menurut dia, hasil dari proses uji kompetensi tersebut digunakan pimpinan untuk mengambil keputusan dalam hal rotasi, mutasi, promosi dan juga demosi.

Sekretaris Daerah Teluk Wondama Denny Simbar selaku Ketua Panitia Seleksi Pengisian Jabatan Tinggi Pratama menegaskan, uji kompetensi bagi pejabat tinggi pratama merupakan amanat UU Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Itu sebabnya wajib diikuti oleh semua pejabat tinggi pratama.

“Jika ada pejabat yang ada di Wasior tapi (sengaja) tidak mengikuti maka akan ada konsekwensi yang diberikan,“ ucap Simbar.

Uji kompetensi pejabat tinggi pratama yang berlangsung di dijadwalkan berlangsung selama 2 hari.

Para peserta yang mengikuti uji kompetensi yang berlangsung di Gedung Sasana Karya Kantor Bupati Teluk Wondama di Isei Wasior itu terdiri atas para kepala badan, kepala dinas, asisten Sekda dan staf ahli bupati.

Bertindak sebagai penguji adalah Inspektorat Provinsi Papua Barat, Kantor BKN Regional IV Manokwari serta akademisi Universitas Papua Manokwari.(ant)

Penulis: Evarianus Supar

Editor: Novendra Effendi