Perahu motor los kontak tujuan Sulsel berhasil ditemukan
Petugas pelabuhan dan SAR Kendari, Sulawesi Tenggara mendata penumpang perahu motor Hercules yang berhasil ditemukan setelah sempat los kontak, Jumat (3/12/)

Perahu motor los kontak tujuan Sulsel berhasil ditemukan

Palu - Kantor SAR Pencarian dan Pertolongan/Basarnas Palu mengatakan perahu motor Hercules yang berlayar dari Kabupaten Banggai Kepulauan, Provinsi Sulawesi Tengah, tujuan Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan, berhasil di temukan dan dengan semua penumpang selamat.
 

Kepala Kantor SAR Palu Andrias Hendrik Johanes di kota Palu, Jumat mengatakan, perahu motor Hercules di temukan KMN Tiga Putri yang sedang melintas sekitar 46 mil laut sebelah utara Pulau Menui, Sulawesi Tengah, di koordinat 2°47'58.79"S 122°56'6.92"T.45, atau 103.93 derajat dari titik duga los kontak.
 
"Tiga orang penumpang dinyatakan selamat dan dalam kondisi sehat," ucap Andrias.
 
Dari penemuan itu, KMN Tiga Putri langsung mengambil langkah evakuasi menuju Pelabuhan Samudera Kendari, Sulawesi Tenggara, dan diprediksi tiba pada Jumat dini hari.
 
Ia mengemukakan, informasi diperoleh dari pihak keluarga korban, perahu motor Hercules di temukan pada Kamis (2/12), dan saat itu juga tim SAR gabungan langsung berkoordinasi dengan Kantor SAR Kendari untuk membantu proses evakuasi dan pendataan korban.
 
"Perahu motor Hercules tiba di Pelabuhan Samudera Kendari pada Pukul 01.00 WITA dini hari, dan korban langsung dilakukan penanganan keselamatan sebelum diserahkan kepada pihak keluarga," tutur Andrias.
 
Kapal motor yang ditumpangi tiga orang itu, berangkat dari Pelabuhan Desa Mata Maling, Kecamatan Buko, Banggai Kepulauan pada Rabu (29/11) Pukul 05.00 WITA dengan rute melintas perairan Bungku, Kabupaten Morowali dan rencananya merapat ke Kendari untuk kepentingan pengisian bahan bakar.
 
Tiga penumpang tersebut masing-masing atas nama Minto Kuamanto (27) jenis kelamin laki-laki warga Banggai Kepulauan, kemudian Robert (48) jenis kelamin laki-laki sebagai nahkoda warga Kabupaten Selayar dan istrinya Heni (49).
 
"Peristiwa ini sudah terjadi sekitar tiga hari. Kami baru mendapat laporan dari warga, dan kami langsung mengerahkan tim dari Pos SAR Kabupaten Morowali untuk melakukan pencarian," ujarnya.
 
Dengan ditemukannya perahu motor Hercules, maka operasi SAR kali ini dinyatakan selesai dan pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan pencarian telah kembalikan ke kesatuan masing-masing.
 
"Kurang lebih 15 personel SAR gabungan terlibat dalam kegiatan ini. Kami juga berterima kasih kepada pihak-pihak terkait yang sudah turut membantu," demikian Andrias. (ant)

Penulis: Mohamad Ridwan

Editor: Novendra Effendi