PEPS: Negara Indonesia Menuju Tirani Oligarki
Anthony Budiawan, Managing Director at Political Economy and Policy Studies (PEPS).

PEPS: Negara Indonesia Menuju Tirani Oligarki

Terbitnya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Cipta Kerja (Ciptaker) dinilai sebagai salah satu indikasi negara Indonesia menuju tirani oligarki.

“Artinya, negara sedang menuju tirani oligarki: kekuasaan di tangan sekelompok kecil pengusaha,” ujar Managing Director at Political Economy and Policy Studies (PEPS) Anthony Budiawan seperti dikutip Pamongreaders.com dari tabloid Media Umat edisi 328: Perppu Ciptaker Anak Emaskan Oligarki (27 Jumadil Akhir-11 Rajab 1444 H | 20 Januarai – 2 Februari 2023).

Karena, ungkap Anthony, Perppu Ciptaker ini sangat jelas diterbitkan sebagai jalan pintas untuk memberlakukan kembali UU Ciptaker yang kontroversial dan inkonstitusional.

UU Ciptaker ini, terang Anthony, sangat penting bagi pengusaha karena memberi keuntungan yang luar biasa besar, baik di sektor pertambangan, perkebunan maupun industri, dengan berbagai kemudahan pemberian izin atau perpanjangan penggunaan hak konsesi, secara otomatis.

Dampaknya, jelas Anthony, kesenjangan sosial akan semakin buruk. Karena, kekayaan alam yang seharusnya menjadi hak rakyat sekarang dikuasai oleh segelintir pengusaha dengan penguasaan lahan sangat besar. Kekayaan pengusaha tersebut pada gilirannya akan digunakan untuk menguasai kekuatan politik.

“Pemusatan kekuatan ekonomi dan politik di tangan sekelompok kecil pengusaha ini menempatkan demokrasi dalam bahaya. Mereka dengan mudah mengatur siapa calon pemimpin yang akan datang,” pungkasnya.[]

Penulis: Joko Prasetyo