Pengamat: Kapitalisme Bahaya Aktual, Betul-Betul Merusak
Luthfi Afandi, Pengamat Hukum dan Politik.

Pengamat: Kapitalisme Bahaya Aktual, Betul-Betul Merusak

Meski mengakui komunisme sebagai bahaya laten, Pengamat Hukum dan Politik Luthfi Afandi mengingatkan, kapitalisme merupakan bahaya aktual yang harus lebih diperhatikan lagi.

“Yang seharusnya lebih diperhatikan saat ini adalah bahaya faktual. Ideologi kapitalis inilah yang saat ini menjadi bahaya faktual, yang secara masif betul-betul merusak bangsa ini. Berbagai macam problem dan kerusakan yang mendera bangsa ini, disebabkan karena ideologi kapitalis,” ujarnya dalam Kabar Petang: Jokowi Ingin Hidupkan Komunisme? di kanal YouTube Khilafah News, Sabtu (14/1/2023).

Menurutnya, masalah yang terjadi saat ini mulai dari kemiskinan, kriminalitas, utang luar negeri, ketergantungan bangsa Indonesia kepada asing serta penguasaan sumber daya alam oleh asing, disebabkan karena penerapan ideologi kapitalis, bukan komunis.

Oleh karena itu, Luthfi mengingatkan agar energi bangsa ini digunakan untuk menyingkirkan ideologi kapitalisme. “Energi bangsa ini sejatinya atau seharusnya digunakan untuk menyingkirkan ideologi yang saat ini sedang eksis dan masih merusak bangsa kita, yaitu ideologi kapitalisme,” tegasnya.

Selain itu, jelasnya, penting juga menghadirkan solusi ideologi yang benar agar dapat menyelesaikan masalah bangsa ini. “Tentu, kita sebagai seorang Muslim meyakini bahwa ideologi yang dapat menyelesaikan berbagai macam problem adalah ideologi Islam,” pungkasnya.[]   

Penulis: Joko Prasetyo