Pemprov Lampung jaga produktivitas pertanian tumbuhkan perekonomian
Ilustrasi- Petani porang tengah menata porang hasil panen miliknya

Pemprov Lampung jaga produktivitas pertanian tumbuhkan perekonomian

Bandarlampung - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung berupaya menjaga stabilitas produktivitas pertanian di daerahnya guna menjaga momentum pertumbuhan ekonomi.

"Perekonomian Lampung pada triwulan empat tahun 2021 mengalami pertumbuhan positif sebesar 5,15 persen dibanding triwulan yang sama di tahun 2020 yang hanya 3 persen," ujar Kepala Biro Perekonomian Provinsi Lampung, Emilia Kusumawati, di Bandarlampung, Kamis.

Ia menjelaskan, adanya momentum pertumbuhan ekonomi Lampung di triwulan 4 itu akan terus dijaga dengan terus memaksimalkan produktivitas sejumlah sektor penopang perekonomian, salah satunya sektor pertanian.

"Sektor-sektor penopang perekonomian seperti pertanian secara luas akan terus dijaga produksinya dan di tahun ini diharapkan dapat terus meningkat. Sebab sektor pertanian ini selain untuk memenuhi kebutuhan Lampung juga berkontribusi memenuhi kebutuhan provinsi lainnya,"katanya.

Menurut dia, sektor pertanian juga ikut andil dalam perbaikan pertumbuhan ekonomi di triwulan 4 dengan nilai pertumbuhan sebesar 1,90 persen.

"Menurut lapangan usaha sektor pertanian dan sejumlah sektor lainnya pertumbuhannya baik. Untuk pertanian, perikanan, kehutanan kita akan tingkatkan dari sisi produksi agar tetap terjaga, lalu pasar pun di perluas, dan dari sisi ekspor akan di tingkatkan," ucapnya.

Dia mengatakan, dengan adanya pertumbuhan positif pada perekonomian Lampung saat ini, telah menumbuhkan optimisme akan peningkatan pertumbuhan di triwulan berikutnya.

"Triwulan berikutnya kita optimis akan semakin baik meski pandemi COVID-19 masih berlangsung. Karena basis kita di pertanian tentu akan diperkuat untuk sektor ini, sembari sektor lain terus ditingkatkan," katanya.

Ia melanjutkan, dari sejumlah sektor lain penopang pertumbuhan ekonomi seperti sektor pariwisata, teknologi informasi, dan perdagangan pun akan terus ditingkatkan.

"Dari sektor perdagangan peningkatan kualitas produk UMKM akan ditingkatkan agar pasar ekspornya semakin luas, lalu untuk pariwisata melalui pengembangan Bakauheni Harbour City diharapkan juga dapat kembali meningkat," ucapnya pula.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Provinsi Lampung pertumbuhan ekonomi Lampung triwulan 4 di topang oleh sejumlah sektor seperti pertanian, peternakan, perikanan dengan pertumbuhan sebesar 1,90 persen, lalu industri pengolahan 2,58 persen.

Lalu sektor perdagangan pertumbuhannya sebesar 16,81 persen, konstruksi 5,48 persen, akomodasi dan makan minum 8,29 persen, transportasi dan pergudangan dengan pertumbuhan sebesar 14,63 persen serta sejumlah sektor lainnya.(ant)

Penulis: Ruth Intan Sozometa Kanafi

Editor: Novendra Effendi