Pemkot Pariaman target raih SAKIP nilai A pada 2022
Wakil Wali Kota Pariaman, Sumbar Mardison Mahyuddin membuka Workshop Penguatan Implementasi SAKIP dan Percepatan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Pemkot Pariaman di Pariaman, Senin(20/6)

Pemkot Pariaman target raih SAKIP nilai A pada 2022

Pariaman - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat menargetkan meraih Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dari nilai B menjadi A pada 2022 dengan meningkatkan sumber daya manusia aparatur sipil negara (ASN) di daerah  setempat.

 

"Kami pacu lagi seluruh ASN, untuk itu kami hadirkan narasumbernya dari pemerintah pusat (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) agar seluruh ASN memahami pentingnya SAKIP," kata Wakil Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin usai membuka Workshop (lokakarya) Penguatan Implementasi SAKIP dan Percepatan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Pemkot Pariaman di Pariaman, Selasa.???????

 

Dikatakan, pihaknya ingin ASN di Pariaman memahami proses penyusunan SAKIP serta menyusun perencanaan dan penganggaran berbasis kinerja yang tersebut dinilai.

 

Disampaikan,  perencanaan program harus tepat guna serta selalu mengevaluasi secara berkala untuk memperbaiki kinerja dengan menerima saran dari berbagai pihak serta dilaporkan dengan baik.

 

"Jangan hanya foto kopi tahun lalu saja dan jangan egosentris saja," katanya.

 

Ia menjelaskan untuk mendapatkan nilai terbaik SAKIP tersebut diperlukan kerja sama dari seluruh OPD serta masukan dari masyarakat.

 

Meskipun nilai SAKIP Kota Pariaman sebelumnya CC dan sekarang telah menjadi B namun pihaknya berupaya untuk memperbaiki nilai tersebut sebagai tolak ukur kinerja pemerintah daerah itu.

 

"Sejak 2018 SAKIP Pariaman tidak ada peningkatan, alhamdulillah 2021 naik tapi naiknya lambat," ujarnya.

 

Menurutnya lokakarya yang dilaksanakan selama tiga hari itu mulai dari Senin (20/6) sampai dengan Rabu (22/6) tersebut memperbaiki nilai SAKIP Kota Pariaman dari yang sekarang B menjadi A.

 

Oleh karena itu, lanjutnya pihaknya meminta ASN di Pariaman sungguh-sungguh mengikuti lokakarya tersebut sehingga dapat memperbaiki nilai SAKIP daerah itu.

"Kami yakin dengan adanya 'workshop' ini kemampuan seluruh ASN di Pariaman akan lebih baik," kata dia.(ant)

Penulis: Altas Maulana

Editor: Novendra Effendi