Pemkab Sergai-Tebing Tinggi kerjasama tingkatkan ekonomi daerah
Bupati Sergai darma wijaya (kiri) dan Wali Kota Tebing Umar Zunaidi (kanan) usai pendatanganan kedua pihak

Pemkab Sergai-Tebing Tinggi kerjasama tingkatkan ekonomi daerah

Seirampah - Pemkab Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, menjalin kerja sama dengan Pemkot Tebing Tinggi dalam upaya meningkatkan perekonomian daerah, yang ditandai dengan penandatanganan MoU antara kedau belah pihak.

Bupati Sergai, Darma Wijaya, di Seirampah, Kamis, mengatakan, kerja sama yang dilakukan kedua pihak guna menunjang kemajuan antara daerah yang saling berbatasan.

"Dengan telah ditandatanganinya kesepakatan bersama kedua belah pihak ini, kita semua berharap perekonomian kedua daerah semakin meningkat dan masyarakat tentunya makin sejahtera," katanya.

Ia menyampikan harapan kesepakatan itu kedepannya terus berlanjut dengan jalinan kerja sama antar OPD.

"Mengingat, potensi yang dimiliki Serdang Bedagai sangat banyak, tentu harus dilakukan kolaborasi dengan daerah lain agar pengelolaan potensi yang kita miliki semakin maksimal," katanya.

Ia mengatakan dengan segera dilakukan kerja sama antar OPD maka akan semakin cepat pula perekonomian masyarakat akan meningkat.

"Kami siap untuk menjalin kerja sama dengan Pemko Tebing Tinggi sekaligus berharap kerja sama ini bisa meningkatkan perekonomian antar daerah," katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Tebing Tinggi, Umar Zunaidi Hasibuan, mengemukakan bahwa kesepakatan itu adalah lanjutan dari MoU yang pernah dilakukan pada lima tahun lalu.

Dengan adanya kesepakatan itu, kedua daerah bisa saling membantu mendongkrak sekaligus mengembangkan ragam potensi yang ada di daerah masing-masing.

"Kerja sama antar daerah ini memang perlu diwujudkan. Sergai punya potensi yang kuat di bidang pertanian, perkebunan, perikanan, kelautan, serta pariwisata. Oleh karenanya, kami harap, Tebing Tinggi sebagai kota jasa dan perdagangan bisa berkolaborasi dengan Sergai," katanya.

Seperti halnya bidang UMKM, sebut Umar, jika Kota Tebing Tinggi punya sekitar 15.600 pengusaha UMKM yang bisa berkolaborasi dengan Sergai terkait bahan baku.

"UMKM ini membutuhkan barang ataupun bahan baku yang kita harapkan dipasok dari Sergai. Kami juga sedang menggalakkan keikutsertaan UMKM di pasar digital," katanya.(ant)

Penulis: Juraidi

Editor: Novendra Effendi