Pemkab Samosir apresiasi Kemenparekraf bantu UMKM kawasan Danau Toba
enparekraf Sandiaga Uno didampingi Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom menyerahkan sertifikat kepada tiga hotel di Samosir, yaitu Tabo Cottages, Rogate Beach Ressort dan Saulina Ressort

Pemkab Samosir apresiasi Kemenparekraf bantu UMKM kawasan Danau Toba

Medan - Pemkab Samosir, Sumatera Utara, mengapresiasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang turut membantu pengembangan UMKM di kawasan Danau Toba, khususnya yang ada di Kabupaten Samosir.

Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom di Medan, Kamis, mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi atas bimbingan teknis Fintech Business Matchmarking dengan tema "Temukan Peluang Baru Bagi Pengembangan Bisnismu" oleh Kemenparekraf.

Acara yang digelar di Medan tersebut dinilai sangat bermanfaat bagi pengembangan UMKM di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba, khususnya di Kabupaten Samosir.

"Bimtek ini sangat membantu dalam pengembangan UMKM. Ternyata masalah UMKM yang utama adalah pembiayaan. Dan dengan pelaksanaan bimtek ini, skema pengelolaan UMKM dapat terjawab dan UMKM dapat berkembang ke depan," katanya.

Sementara Menparekraf Sandiaga Uno dalam kesempatan yang sama mengatakan Fintech Business Matchmarking akan menghadirkan solusi kepada UMKM yang belum bisa mendapatkan akses pembiayaan.

"Dengan memberikan solusi akses pembiayaan, akan membangkitkan ekonomi, terbuka peluang usaha dan lapangan kerja akan tercipta," katanya.

Sandiaga Uno mengatakan bahwa pariwisata ditargetkan berkontribusi terhadap perekonomian nasional meningkat sekitar 15-20 persen dan kontribusinya menuju di angka 5 persen.

“Ekonomi kreatif lebih signifikan. Dari 7 persen kita targetkan bisa mencapai 8 persen. Sehingga kombinasi pariwisata dan ekonomi kreatif ini mencapai 12-13 persen kontribusinya terhadap perekonomian nasional," katanya.

"Jadi, jangka menengah dan jangka panjangnya kita targetkan 15 sampai 20 persen. Tapi yang paling penting, tahun ini kita akan menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru, dimana 400 ribu di bidang pariwisata dan 700 ribu pada bidang ekonomi kreatif," tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Menparekraf Sandiaga Uno didampingi Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom menyerahkan sertifikat kepada tiga hotel di Samosir, yaitu Tabo Cottages, Rogate Beach Ressort dan Saulina Ressort.

Kemudian, ketiga pemilik hotel tersebut juga memberikan cinderamata kepada Menparekraf Sandiaga Uno berupa kecapi, Ulos dan kopi yang diserahkan oleh Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom.(ant)

Penulis: Juraidi

Editor: Novendra Effendi