Pemkab Bengkayang fokus peningkatan pendidikan generasi muda
Bupati Bengkayang bersama para guru

Pemkab Bengkayang fokus peningkatan pendidikan generasi muda

Pontianak - Bupati Bengkayang, Kalimantan Barat Sebastianus Darwis mengatakan pihaknya fokus untuk meningkatkan pendidikan generasi muda dan hal itu dilakukan baik dari para guru, mahasiswa dan anak-anak sekolah.

"Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang tengah fokus mempersiapkan sumber daya manusia terutama pentingnya meningkatkan kualitas pendidikan agar generasi muda di Kabupaten Bengkayang dapat bersaing dengan daerah lain dalam membangun dan memajukan daerah. Sebagaimana yang tertuang dalam visi dan misi kami Bengkayang mantap dan unggul," ujarnya saat dihubungi di Bengkayang, Selasa.

Dikatakan bahwa Kabupaten Bengkayang saat ini perlahan mulai mengalami perkembangan dan kemajuan, namun tak dipungkiri banyak kondisi permasalahan yang muncul, baik secara langsung maupun tidak langsung yang berpengaruh terhadap dinamika pemerintah, dan kehidupan masyarakat.

"Melihat berbagai peluang dan tantangan serta kondisi internal dan eksternal yang terjadi saat ini menuntun kami untuk memperbaharui sistem pengelolaan tata pemerintahan dan pembangunan yang lebih responsif, inovatif dan berkelanjutan. Termasuk mempersiapkan strategi SDM dalam menghadapi revolusi industri 4.0," jelas dia.

Ia menyampaikan beberapa strategi pemerintah khususnya dalam mempersiapkan SDM menghadapi revolusi industri, yaitu di bidang kesehatan seperti membuat program pengentasan stunting atau kekerdilan untuk mendapatkan tenaga kerja yang sehat, produktif, dan cerdas. Kemudian dari sisi pendidikan, pihaknya akan memberikan perhatian khusus bagi pendidikan usia dini. Mengingat pada masa tersebut merupakan generasi emas, bagi perkembangan otak manusia sebagai prasyarat untuk mengikuti pendidikan selanjutnya.

"Langkah tersebut bahkan dilakukan dari usia dini, bahkan pada saat ibu sedang hamil atau waktu melahirkan," ucapnya.

Ia berharap dengan adanya upaya peningkatan kualitas pendidikan sejak dini di Kabupaten Bengkayang dapat melahirkan generasi-generasi muda unggul, cerdas, dan kreatif di dunia digitalisasi.

"Terlebih nantinya PLBN Jagoi Babang akan segera dibuka dan tentu perlu SDM manusia di Bengkayang mulai disiapkan agar bisa bersaing," kata dia.(ant)

Penulis: Dedi

Editor: Novendra Effendi