Pelaksanaan PTM di Bangkalan terkendala cakupan vaksinasi
Petugas dari Cabang Dinas Pendidikan Bangkalan pada pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas

Pelaksanaan PTM di Bangkalan terkendala cakupan vaksinasi

Bangkalan - Pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di sejumlah lembaga pendidikan di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur terkendala cakupan vaksinasi COVID-19 di kalangan pelajar dan status program pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di wilayah itu.

"Sesuai data Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan, cakupan vaksinasi di kalangan pelajar di daerah ini masih rendah dan status PPKM Bangkalan masih di level 3, sehingga tidak bisa menerapkan pembelajaran tatap muka 100 persen," kata Kasi Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) Cabang Dinas Wilayah Kabupaten Bangkalan Moh Fauzi di Bangkalan, Senin.

Lembaga pendidikan yang bisa menerapkan pembelajaran tatap muka 100 persen adalah daerah yang berada dalam level 1 dan 2 PPKM, sedangkan di Kabupaten Bangkalan berada pada level 3.

Sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, sambung dia, kabupaten/kota yang bisa menerapkan pembelajaran tatap muka 100 persen, apabila cakupan vaksinasi masyarakat dan siswa minimal 70 persen, dan status wilayah tersebut berada di bawah level 3 PPKM.

"Atas dasar itu, pembelajaran tatap muka di Bangkalan ini hanya 50 persen. Jadi, kalau satu kelas ada 30 orang siswa, masuknya secara bergantian, yakni hanya 15 siswa yang bisa melakukan pembelajaran tatap muka," katanya.

Lebih lanjut, Fauzi menjelaskan cakupan vaksinasi untuk kalangan pelajar di Kabupaten Bangkalan baru mencapai 50 persen dan pihaknya terus berupaya agar bisa meningkatkan cakupan tersebut dengan menggencarkan koordinasi ke sejumlah lembaga pendidikan swasta yang tersebar di 18 kecamatan di wilayah itu.

"Kalau sekolah negeri cakupannya sudah tinggi. Tapi, sekolah swasta masih rendah. Makanya kami juga berupaya membantu agar cakupan vaksinasi pelajar di sejumlah sekolah swasta bisa meningkat," katanya.

Berdasarkan data Satgas COVID-19 Pemkab Bangkalan, jumlah warga yang positif COVID-19 di kabupaten ini hingga 9 Januari 2022 sebanyak 6.253 orang, dengan perincian 5.535 orang dinyatakan sembuh, 714 orang meninggal dunia, dengan jumlah kasus aktif empat orang.(ant)

Penulis: Abd Aziz

Editor: Novendra Effendi