Dinas Ketahanan Pangan Kalbar optimalkan peran Toko Pangan Mandiri
Kepala Dinas Ketahanan Provinsi Kalbar saat memberikan keterangan terkait optimalisasi peran Toko Pangan Mandiri

Dinas Ketahanan Pangan Kalbar optimalkan peran Toko Pangan Mandiri

Pontianak - Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar terus mengoptimalkan peran Toko Pangan Mandiri dalam rangka menyediakan pangan yang murah dan berkualitas serta meningkatkan akses pangan masyarakat khususnya terhadap pangan pokok dan strategis sekaligus berperan dalam upaya menjaga stabilitas harga pangan.

"Optimalisasi peran Toko Pangan Mandiri juga sedang dan akan dilakukan dengan menambah luasan dan penataan layanan di Outlet/Toko, menambah jangkauan layanan, dan menambah cakupan komoditas seperti dengan menjual juga komoditas buah dan sayur segar serta produk-produk olahan dari para UMKM yang berbasis pada pemanfaatan sumber daya lokal," ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kalbar, Heronimus Hero di Pontianak, Kamis.

Ia menambahkan bahwa selain layanan setiap hari kerja, Toko Pangan Mandiri juga melakukan layanan melalui Gelar Pangan Murah pada kegiatan tertentu dan menjelang hari besar keagamaan nasional. Untuk memperluas jangkauan layanan kepada masyarakat, Toko Pangan Mandiri juga melakukan layanan secara Mobile sewaktu-waktu sesuai kebutuhan yang pelaksanaannya bekerja sama dengan pemerintah setempat (Lurah/RW/RT), komunitas, organisasi atau pihak-pihak lain.

"Layanan Toko Pangan Mandiri yang beralamat di Komplek Kantor Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar bisa diakses oleh masyarakat setiap hari kerja mulai pukul 08.00 sampai pukul 15.00 WIB. Komoditas pangan yang secara rutin disediakan saat ini terdiri dari beras, gula, minyak goreng, bawang merah, bawang putih, daging kerbau/sapi, daging ayam, dan telur ayam ras," jelasnya.

Menurutnya. dalam penyediaan bahan-bahan pangan Toko Pangan Mandiri bekerja sama dengan produsen dan distributor bahan pangan di mana harga yang ditawarkan di toko adalah harga Produsen atau distributor sehingga harga selalu berada di bawah harga pasar.

Salah satu distributor yang bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar khususnya dalam penyediaan daging baik daging sapi maupun daging kerbau adalah CV. Proteindo. Dalam rangka memantau kesiapan menjelang Idul Adha 1443 H maka Kepala Dinas Ketahanan Pangan beserta Staf telah melakukan pemantauan ketersediaan stok dan penanganan rantai dingin dalam distribusi daging khususnya daging beku di Gudang CV. Proteindo yang merupakan salah satu pemasok untuk Toko Pangan Mandiri.

"Dengan sirkulasi bulanan sekitar 60 ton maka CV. Proteindo telah memberikan kontribusi dalam memenuhi kebutuhan daging di Provinsi Kalbar," ucapnya.(ant)

Penulis: Dedi

Editor: Novendra Effendi