Bawaslu Kota Cirebon jadikan
Ketua Bawaslu Kota Cirebon Joharudin (kedua kanan) memukul "kentongan" di Cirebon, Jawa Barat

Bawaslu Kota Cirebon jadikan "kentongan" sebagai ikon pengawasan

Cirebon - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Cirebon, Jawa Barat, menjadikan "kentongan" sebagai ikon dalam rangka pencegahan, pengawasan dan penindakan pelanggaran proses Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"'Kentongan' kita jadikan ikon Bawaslu Kota Cirebon pada tahapan pengawasan Pemilu 2024," kata Ketua Bawaslu Kota Cirebon Joharudin di Cirebon, Selasa.

Pada peluncuran tahapan pengawasan, Bawaslu Kota Cirebon memukul kentongan sebagai simbol dimulainya tahapan pengawasan Pemilu 2024.

Joharudin mengatakan pihaknya sudah mengikuti rangkaian agenda peluncuran tahapan pengawasan, seluruh Indonesia dipimpin langsung Ketua Bawaslu RI beberapa waktu lalu.

"Pesan beliau (Ketua Bawaslu RI) berkaitan dengan peluncuran, memastikan bahwa kami siap mengawal Pemilu 2024," ujarnya.

Joharudin memastikan jajaran Bawaslu Kota Cirebon harus siap untuk melakukan pencegahan, pengawasan dan penindakan sengketa, pada Pemilu 2024, agar Pemilu berjalan sukses.

Menurutnya, Bawaslu akan menjaga pelanggaran dari penyelenggara, peserta, ataupun pihak-pihak yang masuk dalam undang-undang untuk bersikap netral, mulai dari ASN, dan TNI-Polri.

"Pencegahan segala bentuk pelanggaran, kami menjaga netralitas. Sebagaimana visi Bawaslu, kami ingin menjadi lembaga terpercaya dalam mengawal Pemilu yang berintegritas," katanya.(ant)

Penulis: Khaerul Izan

Editor: Novendra Effendi