2023, Pemerintah Makin Diktator?
Wahyudi al-Maroky, Direktur Pamong Institute.

2023, Pemerintah Makin Diktator?

Melihat berbagai indikasi yang ada selama tahun 2022, Direktur Pamong Institute Wahyudi al-Maroky memprediksi pemerintah di tahun 2023 akan semakin diktator.

"Kalau kita mengukur seperti itu maka gejala di tahun 2023 ini justru semakin akan mengarah kepada pemerintah yang semakin diktator," simpulnya dalam Islamic Lawyers Forum: Analisis Kebijakan Hukum, Politik, Ekonomi, Pendidikan, dan Dakwah Islam Tahun 2023, Ahad (15/1/2023) di kanal YouTube Rayah TV.

Ia pun mencontohkan terbitnya Perppu Ciptaker sebagai salah satu gejalanya. Perppu itu untuk menghidupkan UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang sebelumnya dinyatakan inkonstitusional bersyarat pada 25 November 2021 agar kemudian dilakukan perbaikan dalam waktu dua tahun sejak keputusan itu.

"Ini menunjukkan bahwa pemerintah dalam hal ini presiden mengambil alih kewenangan (legislatif) untuk membuat hukum sendiri. Apabila dalam menyusun suatu regulasi sudah berani secara otoriter, tindakan selanjutnya yang bahkan lebih dari itu pun bakal mudah dilakukan,” pungkasnya.[]

Penulis: Joko Prasetyo