1.772 pendaftar UIN Datokarama Palu lewat jalur SPAN
Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Datokarama Palu Prof Abidin Djafar, di Palu, Kamis (14/4)

1.772 pendaftar UIN Datokarama Palu lewat jalur SPAN

Palu - Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah Prof Abidin Djafar mengemukakan 1.772 pendaftar di kampus itu melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN).

"Dari 1.772 pendaftar tersebut, 1.364 pendaftar memilih Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) I dan 300 lebih memilih PTKIN 2," kata Prof Abidin Djafar di Palu, Kamis.

Berdasarkan data bagian akademik, kata dia, peminat Perguruan Tinggi Islam Negeri tersebut setiap tahunnya mengalami peningkatan. Tahun 2019 jumlah peminat melalui jalur SPAN 1.250 orang, pada 2020 sebanyak 2.442 orang, tahun 2021 hampir mencapai 2.000, dan tahun 2022 1.772 pendaftar.

Atas peningkatan jumlah pendaftar, Kementerian Agama (Kemenag) memberikan penghargaan kepada UIN Datokarama Palu tahun 2021 yang saat itu perguruan tinggi tersebut masih berstatus Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Penghargaan itu meliputi tren kenaikan pendaftar Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN).

Prof Abidin menerangkan peserta yang telah mendaftar selanjutnya akan mengikuti beberapa tahapan seleksi untuk memastikan dapat lulus di pilihan pertama atau kedua.

Ia optimistis UIN Datokarama dapat mencapai target kuota mahasiswa baru per program studi yang diberikan oleh Kementerian Agama melalui SPAN.

"Berdasarkan data yang dimiliki dari 24 program studi, semua prodi sudah melebihi kuota pendaftar jalur SPAN," kata dia.

Abidin mengatakan Panitia Pusat telah melakukan proses verifikasi dan hasilnya segera dibahas pada sidang yudisium atau rapat penentuan kelulusan.

Sementara itu, Kepala Sekretariat SPAN UM PTKIN 2022, Mukhsin Jamil mengemukakan setelah dilakukan proses vinalisasi, total ada 172.971 pendaftar yang mengikuti proses seleksi SPAN PTKIN 2022.

Mukhsin menjelaskan SPAN PTKIN diikuti siswa dari 10.927 lembaga, terdiri atas: 76.874 SMA, 82.342 MA (Madrasah Aliyah), 13.207 (SMK), 511 (Pesantren), dan 37 lembaga lainnya (paket C). Proses SPAN-PTKIN berbasis sistem, sehingga secara otomatis akan menyeleksi keseluruhan siswa berdasarkan rapor dan prestasi, lalu diranking sesuai kebutuhan kuota.

Program Studi Ekonomi Syariah, Manajemen Keuangan Syari'ah dan Perbankan Syariah menjadi favorit pilihan pendaftar. Prodi favorit lainnya adalah Pendidikan Agama Islam serta Bimbingan dan Konseling Islam.

“Saat ini proses SPAN-PTKIN telah memasuki tahap finalisasi. Para Rektor PTKIN di seluruh Indonesia sekarang berkumpul di Jakarta untuk melakukan sidang yudisium atau rapat penentuan kelulusan. Hasilnya akan diumumkan pada Jumat, 15 April 2022 pukul 14.00 WIB," katanya.

Ketua Panitia SPAN UMPTKIN yang juga Rektor UIN Walisongo Imam Taufiq bersyukur proses seleksi melalui jalur SPAN PTKIN telah berjalan dengan baik. Menurutnya, tahapan ini berjalan sesuai dengan kaidah penjaminan mutu penerimaan mahasiswa baru.(ant)

Penulis: Muhammad Hajiji

Editor: Novendra Effendi