1.591 desa di Riau sudah membentuk BUMDes
1.591 desa di Riau sudah membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dan 202 desa diantaranya dinilai telah maju dalam mengembangkan BUMDes

1.591 desa di Riau sudah membentuk BUMDes

Pekanbaru - Berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Riau tahun 2021 tercatat 1.591 desa di Riau sudah membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan 202 desa diantaranya dinilai telah maju dalam mengembangkan BUMDes.

"Saya tertarik dengan 13 persen atau 202 BUMDes maju di Riau," kata Anggota Komisi II DPR RI Mohammad Muraz dalam rapat pertemuan dengan Pemprov Riau dalam rangka Reses Masa Persidangan V Tahun Persidangan 2021-2022 di Gedung Daerah Balai Serindit, Pekanbaru, Riau, Senin.

Mohammad Muraz mengatakan  sesuai Undang-undang tentang Desa, BUMDes harus mampu mendayagunakan segala potensi ekonomi, lembaga perekonomian, serta potensi desa, untuk memajukan desa.

Menanggapi hal itu Gubernur Riau Syamsuar menjelaskan bahwa semua desa di Bumi Lancang Kuning ini telah memiliki BUMDes yang tujuannya untuk memajukan desa dan mensejahterakan masyarakat desa.

"Semua desa di Riau sudah mempunyai BUMDes semenjak adanya Bantuan Keuangan Khusus (BKK)," ujar Syamsuar.

Dijelaskan Gubernur Riau itu, sebanyak 386 atau 24 persen desa di Riau memiliki BUMDes berkembang, 442 atau 28 persen BUMDes tumbuh, dan 561 atau 35 persen BUMDes dasar.

Syamsuar berharap BUMDes bisa mendukung perekonomian desa serta mengurangi angka pengangguran.

Untuk memanfaatkan potensi daerah, Syamsuar menyebutkan sebagian besar BUMDes bergerak dalam bidang pertanian dan perkebunan.

"BUMDes di Riau mengalami peningkatan dan kemajuan, BUMDes juga bergerak di bidang perkebunan dan pertanian, lebih mengembangkan kreativitas," jelas Syamsuar. (ant)

Penulis: Frislidia

Editor: Novendra Effendi